CATATAN SEORANG CEO
Perjalanan hidup saya,saya rasa sangatlah unik,di saat sekolah usai sekolah saya nyambi jaga kios koran di wilayah Rewwin Waru Sidoarjo.
Saya juga loper koran harian harian besar baik dari Jakarta maupun Surabaya sendiri,seperti Kompas,Pos Kota ,Republika,Bola ,Tempo,Media Indonesia ,The Jakarta Post,kalau dari Surabaya, Surya,Memo,Jawa Post,Surabaya Post,Bhirawa,Suara Indonesia dan Karya Dharma
Saya bukan dari keluarga berada dan keluarga yang punya basic media,ayah saya Muchamad Ilyas hanya lah seorang kepala regu di sebuah pabrik baja di kawasan Waru,dan ibu saya ibu Fatonah ,seorang ibu rumah tangga.
Saya anak ke 3 tiga dari empat bersaudara ,dua kakak saya perempuan semua ,saya dan adik saya laki laki ,jadi saya adalah anak laki laki tertua .
Saya pernah mendirikan Agensi Koran di Waru,tapi saya mengalami kerugian yang sangat besar dan saya terpaksa bekerja pada agency koran milik orang lain,tanpa dibayar,untuk mengatasi hutang hutang saya dan berlangsung setahun.
MELAMAR KERJA DI MATAHARI DEPStore Tunjungan PLAZA3
Pada tahun 1996 saya melamar kerja di Matahari DEPStore Tunjungan Plasa 3 Surabaya di bawah PT Citra Dewata,sebagai petugas Cleaning Service, di sini saya mengenal cinta pertama saya pada seorang pramuniaga yang bernama Naning,namun sayang saya di tolak hanya karena seorang Cleaning Service, namun kami tetap bersahabat.
MELAMAR KERJA DUA KALI DI GRAHA PENA SURABAYA.
Kemudian pada tahun 1999 saya mencoba peruntungan dengan melamar kerja di Graha Pena Surabaya.
Pertama kali saya gagal,lalu saya menjalani SPG -an di Pasar Atom Surabaya menjual 🔇 speaker dan VCD player merkDust Alhamdulillah penjualan laku keras,tapi karena hanya musiman,ketika tidak ada pameran saya melamar lagi ke Graha Pena Surabaya, dan alhamdulilah yang kedua ini saya di terima
MINUM AIR WUDHU
Pada saat saya di terima bekerja di Graha Pena itu,saya tidak tahu kalau harus langsung menjalani orientasi pengenalan lingkungan kerja di Graha Pena Surabaya.
Jika orang lain langsung pulang atau makan makan,saya hanya bisa menunggu dimusholla Baitul Qolam Graha Pena,sebab uang pemberian ibu saya hanya cukup buat ongkos pergi pulang saja .Di saat lapar mendera ,saya sambil wudhu saya minum airnya banyak banyak
Orientasi saya berjalan dari pukul satu sampai dengan pukul 19.00 wib.
Pulang di 🏠 rumah pukul 19.30,di tengah capai yang mendera dan sakit perut karena minum air kran,saya di marahi habis habisan sama ibu.
Baru kemudian,setelah marahnya reda,beliau saya jelaskan kalau saya di terima kerja di Graha Pena Surabaya, dan harus menjalani orientasi sehari penuh.
Setelah saya jelaskan ibu saya jadi trenyuh dan menitkkan air mata
LULUS TRAINING CLEANING SERVICE GRAHA PENA TERCEPAT.
Alhamdulillah saya di nyatakan sebagai karyawan baru Cleaning Service Graha Pena Surabaya ,yang tercepat di antara karyawan yang lainnya yang seangkatan dengan saya
Hal ini di buktikan dengan SK dari kepala House Keeping Graha Pena Surabaya,bapak Totok Aminarto dan saya di tempatkan untuk menghandle kebersihan lantai 2dan tiga Gedung Graha Pena Surabaya,lantai yang sangat krusial di Graha Pena ,waktu itu ada lima yakni lantai 1sampai dengan lima,lantai satu area Loby,lantai 2 koperasi Graha Pena,kantor manejemen Berlian Grup Jawa Post ,Klinik Graha Medika(sebelum pindah ke wedoro)
Lantai 3 Gedung Politeknik Surabaya dan Ruang Serbaguna Metropolis Room
Lantai redaksi Jawa Pos,Nyata,Radar Surabaya.
Lantai redaksi Jawa Pos,Nyata,Radar Surabaya.
Lantai V manajemen Jawa Pos dan Nyata
TITIK BALIk
Pada tahun 1999,saya akhir saya berani mengambil langkah yang sangat berisiko.
Saya berani menghandle acara besar di Graha Pena Surabaya,yang merupakan proyek kerjasama antara pemerintahan Jepang dan Indonesia,yang di inisiasi oleh Jawa Post dalam pelaksanaannya.Yakni pembukaan pusat Kebudayaan dan Study tentang Jepang yakni Nihon Centre di lantai 7 yang seremony nya di laksanakan di lantai 2.
Di saat karyawan cleaning service lainnya ,tidak bisa saya mengambil langkah ini,walaupun saat itu saya masih baru.SOP Graha Pena tentang kebersihan, saya jalankan dengan penuh tanggung jawab ,malahan waktu istirahat saya termakan waktu itu.
Alhamdulillah berlangsung sukses dan pihak Jepang puas terhadap kesuksesan acara dan kebersihan serta layanan Graha Pena.
Seusai acara,saya langsung di datangi bapak Dahlan Iskan , dan beliau menanyakan nama saya ,di dampingi CEO saya di GRAHA PENA ,bapak H Imawan Mashuri, saya jawab Muchamad Ali Fatoni ,ketika beliau menanyakan apa saya sudah makan saya jawab belum,seketika itu Pak Dahlan ,mengajak saya makan bersama beliau dan orang orang manajemen Jawa Post Grup,di antara nya Ibu Nani Wijaya, bapak H Arief Afandi ,bapak Dhimam Abror dan Bapak H Imawan Mashuri
Di tahun 1999 pula ,saya di nobatkan sebagai "BEST CLEANING SERVICE TERBAIK SATU GRAHA PENA" dan dapat uang pembinaan dari GRAHA PENA ,Rp 500.000 angka yang sangat banyak waktu itu,karena UMKnya masih Rp200.000,uang itu saya berikan pada Ibu dan di kembalikan ke saya 300.000
Pada tahun 2000 saya di promosikan sebagai office boy redaksi Berlian Grup Jawa Pos ,yang kebanyakan orang orang nya eks Tabloid Oposisi dan Harian Karya Dharma.
TANTANGAN BARU ,STRESS BARU.‼️
Pada awal saya bekerja di Berlian Grup Jawa Post , saya pada awalnya merasa sangat berat ,masa masa tiga bulan pertama ,adalah masa masa adaptasi diri yang sangat berat .Bayangkan jika di Graha Pena Surabaya, saya kerjanya mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 11 Malam maksimal.
Sedangkan di Berlian Grup Jawa Post ,saya bekerja mulai pukul 18.00.WIB sampai dini hari kadang pukul 24.00 ,kalau deadline redaksi sampai pukul tiga dini hari,di saat anda semua tidur kami berjibaku menyajikan berita terbaik,di saat anda bangun kami ,masih ada yang terjaga untuk melihat hasil cetak.
Hal inilah yang bisa membuat saya dan crew redaksi lainnya setrres.
Berlian Grup adalah salah anak usaha Jawa Post ,yang bergerak dalam penerbitan media masa ,baik itu harian pagi maupun Tabloid .
Usaha yang tergabung dalam Berlian Grup adalah 1.tabloid Politik OPOSISI 2Tabloid Hiburan X-File 3.Tabloid Hiburan Indonesia Selebriti 4.Tabloid Metafisika Posmo 5.Tabloid Hukum Gugat 6.Tabloid Muslim Nurani 7.Harian Semarang Post 8 Harian Meteor ,dengan CEO nya Bapak Imawan Mashuri dan wakilnya bapak Surya AKA
Pada awalnya saya merasa sangat berat mengikut ritme kerjanya di Grup Berlian Grup Jawa Post ini,tapi setelah tahu dan paham ritme kerjanya ,saya jadi memahami kemudian sangat menikmati.
Disini saya di beri tantangan oleh HRD saya waktu itu ,Bapak Iwan Body Rifianto, bahwa seorang office boy redaksi harus bisa komputer,saya jawab saya akan kursus,tapi beliau tidak membolehkan ,sebab saat itu gaji saya masih kecil,beliau menyuruh mbak Ami Haritsa dan Almarhum Mas Rahmad Giryadi ,redaktur Tabloid Nurani Waktu itu untuk menyaring saya komputer di sela sela kerja.Alhamdulilah dalam waktu satu bulan saya sudah bisa Untuk memperlancar jari jemari saya dalam mengetik ,saya mencari kursus tambahan komputer di Institut Pembangunan Surabaya cabang Rewwin -Waru Sidoarjo,.meskipun ijasahnya tidak saya ambil karena saat lulus usai ujian praktek saya dinas di luar kota.
Di saat ada posisi baru di staff data ,posisi itu langsung saya isi .
Banyak wartawan senior yang berjasa di dalam menunjang karier saya di Berlian Grup Jawa Post dan mereka itu adalah Bapak H.Imawan Mashuri, bapak H Surya AKA,bapak H Prof Prija Djatmika ,bapak Joko Suud Sukahar,bapak H.Achmad Bajuri,bapak H Zubairi Indro,Mas Rachmad Giryadi dan Mbak Ami Haritsa.
Pada tanggal 21 Agustus 2024 yang bertepatan dengan hari lahir saya,saya mendirikan Suroboyo Media Grup,perusahaan pemberitaan yang berbasis online
Komentar
Posting Komentar
SILAHKAN ISI KOMENTAR ANDA